Blog @PERSIPURA_ akan segera hadir untuk semua pecinta 'Persipura Jayapura'

Copyright © Persipura News | Powered by Blogger
Design by WebSuccessAgency | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com

Developer's Note

Friday, June 14, 2013

Sejarah Singkat Persipura Jayapura

Berdiri: 1950 / 1963

Alamat: Jl. Balai Kota No.1 Indonesia

Telepon: +62 (0) 967 583742 / 523234

Faksimile: +62 (0) 967 583742

Laman Resmi: http://www.persipurajayapura.com

Ketua: Drs. Benhur Tommy Mano

Direktur: Rudy Maswi

Stadion: Mandala



Sejarah Singkat

Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura atau disingkat Persipura Jayapura, adalah sebuah klub sepakbola profesional Indonesia yang bermarkas di Jayapura, Papua. Saat ini tim berjuluk "Mutiara Hitam" merupakan salah satu kontestan papan atas Indonesian Super League.

Karena Stadion Mandala Jayapura yang menjadi kandangnya sedang direnovasi, tim kebanggaan warga Papua ini terpaksa harus mengungsi ke Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging, Makassar, hingga selesainya venue mereka tersebut diperbaiki dan siap digunakan.

Meski telah cukup lama berdiri, prestasi tim asal Papua ini baru mulai terlihat di era sepakbola semi-profesional. Tepatnya setelah tampil sebagai juara Liga Indonesia 2005. Maklum saja karena di era Perserikatan, Persipura hanya mampu menjadi runner-up pada musim 1980.

Kala itu Persipura dikalahkan Persiraja Banda Aceh 3-1, di laga pamungkas yang berlangsung cukup dramatis di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, yang kemudian tampil menjadi juara. Setelah itu prestasi Persipura terus melorot, hingga terlempar ke Divisi Satu.

Memang di level tingkat dua sepakbola nasional kala itu Persipura tampil dua kali juara pada musim 1979 dan 1994. Namun tetap saja hal itu tidak mampu menujukkan eksistensi mereka di pentas sepakbola nasional, hingga akhirnya tampil sebagai juara Divisi Utama.

Memasuki era sepakbola profesional dengan digulirkannya Superliga pada musim perdana 2008/09, tim asal Papua ini menunjukkan penampilan luar biasa untuk merebut gelar juara. Itu seiring dengan semakin membaiknya penampilan beberapa pemain lokal binaan Mutiara Hitam, ditunjang kehadiran pemain asing berkualitas.

Bisa ditebak, skuad yang saat ini dipimpin pelatih Jacksen F Tiago asal Brasil bisa terus melaju dan kembali merebut titel yang hilang pada musim 2009/10 lalu.

Persipura tampil di Liga Champions Asia musim 2010, meski terhenti di fase grup. Kalah 4-1 dan 8-0 dari Jeanbuk, kalah 3-1 dan 5-1 dari Kashima, serta kalah 8-0 dan menang 2-0 atas Changcun. Pada 2011, Persipura tampil di AFC Cup. Mereka mampu melaju hingga babak perempat-final, namun kemudian terhenti di tangan klub Irak, Arbil SC.

Di tengah dualisme kompetisi kasta tertinggi sepakbola nasional pada musim 2011/12, Persipura tetap memilih untuk mengikuti Indonesia Super League (ISL) di bawah pengelolaan PT. Liga Indonesia.

Saat ini Persipura menunjukan tajinya dengan menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan dalan kompetisi Indonesia Super League (ISL) dengan menyisahkan beberapa laga tersisa dan memiliki jarak 12 poin dengan pesaing terdekat di peringkat 2 klasemen sementara.

Mampukah tim Papua berjuluk 'Mutiara Hitam' ini keluar sebagai juara dengan status 'Unbeaten' dan menjadi tim pertama dalam sejarah sepakbola indonesia yang memenangi gelar liga tanpa terkalahkan?

Tech News

Flickr

Ads 1

Random Post

Media News

Twitter Bird on The Tree by Persipura Jayapura

Advertisement

LIke Us

Some More Post

Recent Comments

Pages

More Post

Random Post

Powered by Blogger.

Popular Posts

Video

Sample Text

Definition List

statistics

Sample Text

Contact Form

Blogumulus by King Harry and Egheezz_

Search